Setelah UI, Roadshow Talkshow Bisnis GerakMU Digelar di Universitas Teknokrat Lampung

eBisnis.id – Indonesia masih memerlukan banyak entreprenuer muda karena baru 3 persen anak muda menjadi intreprenuer. Kondisi ini masih jauh dari negara tetangga seperti Singapura. Sementara untuk membangun entreprenuer diperlukan kemampuan seseorang menjalankan usaha sendiri secara kreatif dan inovatif.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA dalam gelaran Roadshow Talkshos Business GerakMU yang dihelat di Universitas Teknokrat, Lampung, Sabtu (20/7)

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menggerakkan entreprenuer muda di Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, pengusaha muda dan CEO Harmony Land Group, Fithor Muhammad yang hadir sebagai salah satu pembicara  menceritakan bagaimana dirinya jatuh bangun dalam usahanya yang dimulai dari jualan barang di kampus, membuka kafe bahkan sampai mengelola limbah hingga akhirnya sukses menggeluti bisnis properti diusia 25 tahun.

Fithor yang juga telah meluncurkan buku pertama yang ditulisnya yang bertajuk “Be Successful Young Propertypreneur” juga menjelaskan, untuk menjadi seorang propertypreneur (pengusaha di bidang properti) tidaklah mudah. Menurutnya, dibutuhkan 12 bidang keilmuan yang mendalam untuk menunjang keahlian dalam bidang properti.

“Yaitu antara lain akuisisi lahan, feasibility studies, perizinan proyek, konstruksi, perencanaan konstruksi, manajemen proyek, marketing, penjualan, KPR dan kemitraan bank, arsitektur, permodalan, dan cashflow management,” papar Fithor.

Fithor Muhammad
CEO Harmony Land Group, Fithor Muhammad saat menyampaikan pemaparannya.

Selain keilmuan, kata Fithor yang pernah mengalami kerugian ratusan juta diawal menjalani usaha ini, seorang propertypreneur juga harus menghadapi tantangan risiko yang tidak kecil karena harus mengelola dana yang tidak sedikit untuk membuka sebuah proyek propert.

“Usaha itu perlu fokus dengan kompetensi usaha yang sudah ditekuni,” tegasnya.

Turut hadir dalam sebagai pembiacara dalam acara ini Founder BIG Indonesia Dwi Andayani, SE, MM, Founder & CPO Pintro Syarif Hidayat, Founder & CPO Pintaria Dr. Gerald Arif dan Founder & CEO Ngampooz M. Ainur Rony.

“GerakMU ini merupakan roadshow pertama setelah diluncurkan belum lama ini di Universitas Indonesia. Kegiatan Talkshow Business ini sendiri akan dilakukan ke sejumlah perguruan tinggi di Indonesia,” jelas Founder BIG Indonesia Dwi Andayani.

News Feed