GerakMu Dorong Anak Muda Siap Hadapi Era 4.0

JAKARTA – BIG Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Indonesia dan Forum Rektor Indonesia dengan dukungan Kemenristekdikti dan Kemenperin serta institusi terkait lainya, melakukan rangkaian program Gerakan Wirausaha Muda (GerakMU)) guna meningkatkan peran Perguruan Tinggi untuk menjadi Inkubator dan lumbung wirausaha baru. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pembinaan wirausaha pemula sampai dengan pinjaman modal bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat umum untuk unit bisnis UMKM, Startup, technopreneur dan socioprenuer dengan target peserta 50.000 orang selama kegiatan berlangsung.

Rangkaian program GerakMU diawali pada tanggal 13 Juli di Balairung Universitas Indonesia, dan berlanjut dengan roadshow dibeberapa kota, yaitu di Lampung, Banjarmasin, Makasar dan Bekasi serta akan ditutup pada tanggal 18-20 September 2019 di Jakarta Convention Center.

BIG Indonesia sebagai penyelenggara kegiatan merupakan yayasan “Youth acceleration” yang diharapakan dapat menjadi wadah bagi pemuda agar dapat mengembangkan kemandirian mereka sehingga siap menghadapi tantangan global dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. BIG Indonesia siap memberikan berbagai bantuan teknis dan layanan pengembangan kapasitas yang komprehensif untuk menghasilkan generasi masa depan yang berdikari dan memberikan dampak signifikan pada Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia (IPPI) di 34 Provinsi.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat terwujud Ekosistem Community Empowerment untuk pemberdayaan pemuda dan masyarakat dengan fokus membangun ekosistem yang terpadu untuk mewujudkan kemandirian di bidang pendidikan, sosial dan kewirausahaan yang berkelanjutan dan pada gilirannya memberikan dampak signifikan pada Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia,” jelas pendiri Big Indonesia, Dwi Andayani.

Sementara Prof. Dr. Armai Arief, MA selaku ketua dewan Pembina ADI berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk menjalin kolaborasi Triple Helix, antara stakeholder, pemerintah, perguruan tinggi dan industri dalam komitmen bersama untuk Inovasi Indonesia yang berdikari dan siap hadapi era 4.0.

Sebanyak 21 pembicara hadir pada acara ini termasuk Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis, Ketua DPP ADI Dino Peti Jalal, Pengusaha Muda Sandiaga Uno dan Menperin Airlangga Hartanto yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen IKMA, Eddy Siswanto serta Fithor Muhammad yang mewakili pengusaha kampus. Acara ini juga diramaikan dengan kolaborasi bersama 33 komunitas pemuda dari berbagai wilayah. (*)

News Feed