Gili Iyang, Obyek Wisata Eksotis di Pulau Madura dengan Oksigen Tertinggi di Dunia

Berbicara mengenai wisata di Indonesia, kita tahu bahwa Indonesia adalah salah satu Negara yang kaya akan Sumber Daya Alamnya, Indah atau unik pemandangan dan wisatanya, bahkan tidak kalah dengan negara berkembang dan maju lainnya. Bisa kita lihat dan buktikan juga banyaknya turis asing yang setiap tahunnya selalu bertambah tingkat pengunjung di berbagai wisata-wisata Indonesia.

Semakin banyak wisata yang ada dan di bangun di Indonesia memicu banyaknya para pengunjung yang akan meningkat pula. Tetapi di dalam artikel kali ini penulis akan membahas salah satu wisata saja yang terdapat di salah satu Pulau Madura, tepatnya Kota Sumenep dan cukup menarik tentunya pun sempat booming di dua tahun sebelumnya bahkan sampai saat ini, yakni wisata Gili Iyang.

Sebagai warga asli Pulau Madura penulis ingin sekali memaparkan tentang unik nya, indahnya, nyamannya wisata Gili Iyang ini. Sebelum membahas lebih jauh lagi alangkah baiknya kita ketahui dahulu mengenai Pulau Madura, Geografisnya, jumlah penduduknya, dan lain sebagainya.

Pulau Madura ialah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Pulau yang lebih kecil daripada Pulau Bali ini memiliki luas kurang lebih 5168 km². Pulau yang sangat berdekatan langsung dengan Pulau Jawa hanya ada satu jembatan yang bisa menghubungkan antara dua Pulau ini, yakni jembatan Suramadu, jembatan yang terpanjang se-Asia Tenggara.

Adapun penduduk di Pulau Madura ini jumlahnya sekitar 20 juta jiwa. Mereka berasal dari pulau Madura dan pulau-pulau sekitarnya, seperti Gili Raja, Sapudi, Raas, dan Kangean.

Lalu karena Pulau Madura ini ialah termasuk Pulau yang kecil maka hanya ada empat kabupaten bentuknya seakan mirip badan sapi, diantaranya: Kota Bangkalan, Kota Sampang, Kota Pamekasan, dan terakhir adalah Kota Sumenep.

Beberapa wisata yang bisa penulis rekomendasikan terdapat di Kota Sumenep ini adalah:

1. Taman Adipura Kota Sumenep
2. Museum Keraton Sumenep
3. Tectona Sumenep
4. Makam Raja Sumenep Asta Tinggi
5. Bukit Tinggi Daramista
6. Pulau Oksigen (Gili Iyang)
7. Pulau Gili Labak
8. Pantai Lombang
9. Pantai Sembilan (9)
10. Pantai Salopeng

Itulah beberapa objek wisata di Kota Sumenep yang cukup menarik untuk dikunjungi saat anda berada dan memutuskan untuk berlibur ke Kota Sumenep.

Gili Iyang

(Istimea)

Gili Iyang, yang sering disebut oleh masyarakat Pulau Madura adalah Pulau oksigen terbaik dan Pulau awet muda (The Ageless Island ).

Lokasi wisata Pulau Gili Iyang ini terletak di Bancamara, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Dan untuk sampai ke wisata Pulau Gili Iyang, para pengunjung biasanya harus menggunakan perahu khusus atau kapal karena melewati laut dengan ombak yang relatif berubah sesuai dengan musimnya dengan biaya kurang lebih Rp. 500.000 untuk sepuluh sampai lima belas orang maksimal sudah termasuk tiket pulang pergi dan perjalanan menuju kesana memerlukan waktu 60 menit hanya dengan menggunakan perahu atau kapal yang tersedia. Dan tiket untuk masuk Gili Iyang nya sendiri pada tahun 2019 ini mencapai Rp. 40.000 per orangnya, untuk jam buka nya wisata Gili Iyang buka 24 jam, hanya saja perahu atau kapal yang cukup sulit untuk menuju kesana karena jadwal keberangkatan perahu tidak tentu.

Sebelum wisata Gili Iyang ini ditemukan, awalnya masyarakat di Pulau Gili Iyang belum menyadari akan adanya keindahan alam dan laut yang mempesona tersebut. Mereka tersadar akan hal itu karena banyaknya tim-tim yang sering melakukan pengamatan, orang-orang yang tak sengaja lalu lalang, dan sampai terbuktilah beberapa keindahan yang terdapat di Gili Iyang tersebut. Dan akhirnya banyaklah para wisatawan yang berbondong-bondong untuk pergi kesana.

Fakta yang menunjukkan bahwa wisata Pulau Gili Iyang ini dan beberapa testimoni dari pengunjung adalah penghuni yang masih sedikit, usia rata-rata penduduk Pulau ini sudah lansia (60-100 tahun) bahkan ada seorang kakek tua yang sudah berumur 125 tahun. Tetapi uniknya mereka meskipun sudah tua masih terlihat fresh, kuat, sehat, dan beraktifitas berat.

Keunikan selanjutnya mengenai Pulau Gili Iyang adalah oksigen yang terbaik atau tertinggi, karena Pulau ini masih belum terjamah oleh alat apapun, benda apapun. Yah intinya masih original lah. Gili Iyang juga punya daya pikat sebagai wisata kesehatan. Pasalnya, pulau tersebut terkenal dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, yakni 21,5 persen setelah Jordania.

Begitu juga dengan lautnya masih terlihat sangat jernih air yang terdapat di dalamnya, sehingga bukit karang yang menjulang ke laut, bebatuan, ikan-ikan kecil terlihat dengan jelas dari bibir pantai tersebut. Dan biasanya para wisatawan yang berkunjung lebih banyak untuk memutuskan berenang dan menikmati pantainya.

Keunikan yang lain, mungkin anda kurang percaya yah tentang fakta yang satu ini. Kata para wisatawan yang sudah pernah mencicipi keindahan ini adalah, sangat minimnya listrik atau cahaya lampu yang mungkin jika di Kota sudah sangat mudah dan gampang, sehingga para wisatawan jika malam susah untuk melakukan kegiatan dan aktifitas disekitar sana.

Di wisata Gili Iyang ini para wisatawan tidak hanya menikmati pantainya dan menghirup oksigen saja, akan tetapi terdapat Gua juga di desa Bancamara nya tepatnya. Yang dimana Gua ini memilki sumber mata air tawar dari dalam tanah yang untuk mendapatkannya harus masuk ke dalam gua berjarak kurang lebih 150 meter kata beberapa Tour Guide dan penduduk Pulau Gili Iyang ini.

Nah jika anda sudah merasa lelah nih untuk mengelilingi keindahan Pulau Gili Iyang, di tempat wisata ini sudah disediakan odong-odong atau dokras untuk bisa mengelilingi lebih jauh lagi dan pastinya santai. Dokras adalah salah satu kendaraan yang beroda tiga khas kendaraan masyarakat di Pulaui ini.

Inilah mungkin beberapa keunikan dan fakta dari wisata Pulau Gili Iyang, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda sekaligus keluarga yang ingin sekali berlibur dengan tiket yang tidak terlalu mahal, tempat santai, dan panorama indah. (Ummi Latifah. Mardatillah)

News Feed