Program Santrenomics Berbasis Pesantren Siap Dikembangkan di Kota Depok

Depok — Dalam rangka menjalankan kebijakan Bidang Peningkatan Pengembangan Pesantren Indonesia dan Teknologi Informasi (P3I dan Tl), Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) membentuk sebuah badan otonom yaitu Yayasan Peningkatan Pengembangan Pesantren Indonesia lkatan Pesantren Indonesia (YP3I IPI).

Belum lama , Kantor YP3I yang berlokasi di Graha Isco, Sawangan, Depok, baru saja diresmikan (27/3/2019). Selain peresmian kantor, juga sekaligus launching Grosir IPI Kota Bogor. Pembentukan Bidang P3I dan TI ini dimaksudkan untuk menangani bidang sosiaI dan ekonomi melalui akselerasi teknologi. Programnya, mulai dari pertanian, kebutuhan pangan dan perikanan sekaligus terkait dengan pengelolaan keuangannya secara syariah.

Hadir dalam acara tersebut: Prof. Dr. Habib Muhammad Baharun (MUI), MA, KH. Zaini Ahmad S.RK (Ketua Umum IPI),  Dr. H. Iskandar (Wakil Ketua Pengawas), Drs, KH. M. Abdurrozaq L Mufty, SQ, MA (Ketua DPW IPI Jawa Barat), Bayu Ferdiman (Ketua YP3I IPI), Mulyono. MTI (Sekretaris), Hj. Deissy Indira, SE, MM (Bendahara).

BACA JUGA:  J&T Express Jadi Partner Logistik Resmi EVOS Esports

Dalam sambutannya, Ketua Umum IPI, KH. Zaini Ahmad mengatakan, IPI dan YP3I lahir untuk mengaktualisasikan ilmu yang dimiliki untuk disinergikan dengan ilmu pesantren dan ilmu akademik lainnya, mulai dari ilmu hukum hingga ekonomi.

“IPI bukan hanya sebagai gerakan ukhrawi tapi juga duniawi. Di zaman now, pesantren harus ikut andil dalam memajukan misi pembangunan dan kemajuan bangsa. Sebelum kemerdekaan, pegiat pesantren dimotori oleh KH Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, dan M Natsir. Dengan resolusi jihad, Indonesia bisa merdeka.”

Zaini Ahmad mengatakan, IPI akan mendata ulang pesantren yang ada di Indonesia sebagai acuan gerakan kita. Harapannya, pesantren-pesantren di daerah bisa menjadi anggota IPI.

“IPI berupaya bagaimana menggerakkan perekonomian di kalangan pesantren dalam memenuhi kebutuhan pokok. Semoga kehadiran YPSI IPI dlharapkan dapat meningkatkan percepatan dalam mewujudkan visi dan misi IPI pada khususnya, serta membawa berkah dan manfaat untuk ummat pada umumnya,” ujar KH. Zaini Ahmad.

BACA JUGA:  J&T Express Jadi Partner Logistik Resmi EVOS Esports

Lebih lanjut Zaini menjelaskan, sebagai langkah konkret, IPI telah membentuk 100 outlet grosir dan ditargetkan untuk tahun ini terbentuk 10.000 outlet di seluruh Indonesia. Sejak pemerintah menetapkan hari santri nasional, IPI merasa berkewajiban untuk melakukan pembinaan-pembinaan terhadap pesantren.

“IPI berharap pemerintah melalui kementerian agama dapat benar-benar hadir di kalangan pesantren,” pungkasnya.

Dalam presentasinya, Ketua Umum IPI menyampaikan Program Santrenomics 4.0. Santrenomics adalah kesadaran membangun tatanan ekonomi syariah untuk mencapai keseimbangan hidup, kebahagiaan dan kemuliaan hakiki manusia yang didasari dari semangat dan nilai-nilai luhur pesantren, yaitu semangat ketakwaan, semangat produktif dan berekonomi dengan adil dan merata serta semangat membumikan ajaran pesantren dalam praktek kehidupan.

Ada sejumlah rencana kerja YP3I IPI untuk 1- 3 tahun ke depan, yakni: Fintech Santrenomics 4.0, Crowdfunding; sosial dan ekonomi; CFCD CSR dan atau bantuan pemerintah untuk energi tata surya serta pengolahan limbah organik dan anorganik di seluruh pesantren anggota IPI di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:  J&T Express Jadi Partner Logistik Resmi EVOS Esports

Selain itu juga membentuk Grosir IPI di seluruh DPC IPI kota dan kabupaten yang potensial dan layak, meliputi Mitra RPK Grosir IPI di seluruh Pesantren anggota IPI yang layak melalui skema pembiayaan softloans bank BUMN (BRI, Mandiri, BNI, BJB, dll)

Sedangkan rencana kerja untuk 3 – 5 tahun ke depan, yakni: Energi tata surya serta pengolahan limbah organik dan anorganik menjadikan kemandirian dan nilai tambah bagi Pesantren; Grosir IPI bekerjasama dengan petani, peternak, nelayan dan Industri lokal di seluruh Indonesia yang menghasilkan produk
ber-merk IPI (Beras IPI SAE, Ayam Hebat IPI, Telor Kuat IPI, produk Ikan dan olahan nya, AMDK IPI dan produk-produk lainnya).

Selanjutnya, Grosir IPI bekerjasama dengan produsen besar; Indofood, Unilever, Wings untuk menambah produk pemasaran yang lebih lengkap dalam rangka  pengembangan RPK berprestasi yang potensial menjadi IPIMart. (A-05)

News Feed