Dukung Pemulihan Lombok, Prudence Foundation Bangun Ratusan Hunian dan Prasarana Umum

Lombok Utara – Sebanyak lebih dari 50 relawan, yang terdiri dari staf Prudential Indonesia dan staf Prudential lainnya di Asia, hari ini bersinergi dengan Yayasan Gerakan Kemanusiaan Posko Jenggala (Posko Jenggala) guna membangun kembali hunian serta sarana umum di Lombok Utara yang terdampak serangkaian bencana gempa bumi tahun lalu. para sukarelawan akan bergotong royong membangun lebih dari 100 hunian sementara (huntara) dan rumah prasarana umum, antara lain dua pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dua rumah ibadah dan satu lapangan basket di Dusun Boyotan Asli dan Dusun Boyotan Baru, Desa Gumantar, Kabupaten Lombok Utara.

Kegiatan yang berlangsung selama seminggu, 25 hingga 30 Maret ini merupakan bagian dari Regional PRUvolunteer Programme yang diprakarsai oleh Prudence Foundation, lembaga sosial yang merupakan afiliasi dari Prudential Corporation Asia (PCA). Sejak pertama kali didirikan pada 2012, Prudence Foundation telah memberikan bantuan jangka panjang yang berkelanjutan kepada komunitas-komunitas di seluruh area di mana PCA beroperasi. PCA sendiri merupakan induk dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia).

Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, mengungkapkan “Serangkaian gempa yang terjadi beberapa waktu lalu menyisakan duka yang mendalam dan kehilangan yang luar biasa. Bahkan, hingga hari ini, para pengungsi masih membutuhkan hunian yang layak dan berbagai fasilitas umum lainnya. Melalui Regional PRUvolunteer Programme, yang termasuk dalam fondasi Community Investment Prudential Indonesia, kami mendukung seruan pemerintah agar Lombok bangkit melalui pembangunan sejumlah rumah dan infrastruktur. Kegiatan ini juga sejalan dengan fokus “We DO Good” yang kami canangkan di awal tahun.”

Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu wilayah yang terdampak paling parah dari serangkaian gempa yang terjadi di Pulau Lombok tahun lalu. Tercatat lebih dari 400 orang meninggal akibat bencana alam ini. Ratusan ribu lainnya terpaksa mengungsi karena rumah-rumah mereka, beserta berbagai sarana dan prasarana umum hancur.

Marc Fancy, Executive Director Prudence Foundation, mengungkapkan “Prudential berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada keluarga di seluruh Asia. Perumahan yang layak dan lingkungan belajar adalah kunci bagi pengembangan manusia. Melalui Regional PRUvolunteer Programme, Prudential telah menyediakan platform bagi karyawan dari berbagai pasar di Asia untuk berkontribusi kembali kepada masyarakat dan memberikan bantuan kepada komunitas di sekitar mereka yang terdampak bencana.”

Selain di Indonesia, Regional PRUVolunteer Programme juga sudah diimplementasikan di beberapa negara di Asia untuk pemulihan pasca bencana, seperti membersihkan reruntuhan bangunan akibat gempa dan tsunami di Ishinomaki, Jepang pada 2011, membangun kembali sarana perumahan dan transportasi di Pulau Bantayan di Filipina yang luluh lantak karena badai topan di 2013, membangun kembali perumahan di Kelantan, Malaysia yang rusak karena banjir besar di 2015, dan membangun sebuah sekolah sekaligus pusat pengungsian di provinsi Quang Binh di Vietnam pada 2016.

Sejak 2009, selain melalui Regional PRUvolunteer Programme, Community Investment Prudential Indonesia melalui inisiatif Tanggap Bencana telah membantu lebih dari 36.000 korban bencana di Indonesia, termasuk korban gempa Padang di 2009, banjir di Jakarta tahun 2013, letusan Gunung Sinabung dan Gunung Kelud di 2014, gempa di Aceh pada 2016 dan gempa di Lombok dan Palu pada 2018.

“Prudential Indonesia berkomitmen untuk membantu membangun komunitas yang lebih aman dan tangguh yang berpartisipasi secara aktif dalam membangun negara. Kami berharap kegiatan yang kami lakukan melalui Regional PRUvolunteer Programme dapat membantu para warga Lombok untuk dapat segera bangkit pasca bencana gempa dan menata kembali kehidupan mereka,” tutup Nini.

News Feed