Citibank Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 2 Triliun

JAKARTA – Di tahun 2018, Citibank N.A., Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 2 triliun dari pendapatan bunga bersih sebesar Rp 4.3 trilliun, serta pertumbuhan double-digit pada kredit dan Dana Pihak Ketiga (DPK).

Portofolio kredit di akhir kuartal keempat meningkat 26% year-on-year menjadi Rp 49,9 triliun. Kontribusi utama pertumbuhan portofolio kredit berasal dari lini bisnis Institutional Banking, terutama pada sektor industri manufaktur, pertambangan dan perantara keuangan (financial intermediary).

Kinerja yang positif ini ditunjang oleh kualitas Dana Pihak Ketiga berkelanjutan yang tumbuh sebesar 10% yang memungkinkan Bank untuk mencatatkan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid sebesar 80,9%.

Meskipun mencatatkan pertumbuhan aset yang signifikan, tingkat kecukupan permodalan serta kualitas aset Bank tetap kuat, dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 23,53% dan rasio Non Performing Loan bruto dan netto masing-masing sebesar 2,27% dan 0,52%.

Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi mengatakan, “Kami bangga dengan pertumbuhan kredit yang mencapai double digit. Citibank N.A., Indonesia memiliki neraca yang kokoh, tingkat permodalan dan tingkat likuiditas yang sangat memadai.”

Di lini Institutional Banking, Citibank senantiasa memberikan konten serta solusi end-to-end dalam merespon perubahan kebutuhan klien dengan memanfaatkan seluruh kapabilitas yang relevan dari Citibank. Corporate and Investment Banking Group menyediakan produk-produk dan layanan yang memberikan solusi nilai tambah (value add solution products) untuk para klien institusional, memanfaatkan jaringan berskala global serta fokus kepada institusi-institusi unggul di berbagai sektor.

BACA JUGA:  J&T Express Jadi Partner Logistik Resmi EVOS Esports

Dalam Global Subsidiaries Group, Citibank menjadi bank terpilih bagi sebagian besar perusahaan multinasional dari Amerika Serikat, Inggris, Eropa, dan Asia; dengan segmen-segmen industri mulai dari Fast Moving Consumer Goods (FMCG), Farmasi, Industrial, Technology, Media and Telecommunications (TMT), hingga Logistik dan Transportasi.

Di Markets and Securities Services Group, Citibank memperoleh penghargaan sebagai salah satu “Best Primary Dealer” selama enam tahun berturut-turut berdasarkan kinerja dalam mengelola Surat Utang Negara (SUN). Treasury and Trade Solutions (TTS) Group telah bertransformasi secara digital untuk produk-produk perbankan serta melakukan otomatisasi proses perbankan dengan menggunakan Application Programming Interface (API), sehingga dapat berkolaborasi dengan mitra dan klien secara lebih cepat, fleksibel dan aman.

Di lini Consumer Banking, Citibank telah sukses meluncurkan kampanye “Live Large”, yang memberikan ekstra data 20GB untuk menikmati gaya hidup urban digital para pemegang kartu kredit Citi Telkomsel Halaman 2 dari 3 serta beragam keuntungan spesial lainnya. Kampanye lain yang telah diluncurkan dengan sukses adalah “Bring More Home”, yang memberikan tambahan 20 kg alokasi bagasi di atas ketentuan bagasi saat ini untuk kelas ekonomi dan bisnis bagi para pemegang kartu kredit Garuda Indonesia Citi.

BACA JUGA:  Tingkatkan Layanan Digital, BRI Syariah Jalin MoU dengan Dewan Masjid

Di Digital Banking, Citibank telah melakukan perubahan dalam hal tampilan aplikasi Citi Mobile khusus untuk pemegang kartu kredit agar nasabah dapat merasakan pengalaman digital yang lebih seamless dan menyenangkan, dan hal ini menjadi salah satu faktor yang meningkatkan jumlah pengguna aktif mobile sebesar dua kali lipat selama tahun 2018.

Di Retail Banking, Citigold Intergeneration Successor Program memberikan kelas tentang bagaimana cara mengeloka kekayaan, mulai dari pengetahuan dasar, cara berbicara di depan umum serta kepemimpinan, bagi para generasi kedua dari nasabah Citigold.

Dalam hal Corporate Social Responsibilities (CSR), Citibank memperkuat komitmennya dalam membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG – Sustainable Development Goals) terhadap generasi muda di Indonesia dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas Republik Indonesia. Kami juga mendukung empat institusi nirlaba untuk melaksanakan lima program selama periode 2018-2019, melalui dana hibah Citi Foundation.

BACA JUGA:  Di Danasyariah.id Investasi Kini Semudah Belanja Online

Di tahun 2018, Citibank telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi antara lain sebagai “Best International Bank in Indonesia” dari majalah Finance Asia, “Best Consumer Digital Bank” dan “Best Corporate/Institutional Digital Bank” sekaligus dari Global Finance serta sebagai ”Best Bank-Global in Indonesia”, “Best Bond Adviser-Global in Indonesia”, “Best Digital Bank in Indonesia” dan “Best Retail Mobile Banking Experience” dari The Asset.

“Kami bersyukur dengan kinerja Citibank pada tahun 2018 walaupun volatilitas pasar terjadi tahun lalu. Kami juga ingin menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada para nasabah, mitra bisnis, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya atas kepercayaan mereka terhadap kami, dan kami selalu berkomitmen guna menjadi yang terbaik untuk para klien kami,” simpul Batara.

News Feed