Lazada Pacu Pertumbuhan “Super eBusinesses” di Asia Tenggara

SINGAPURA – Lazada, hari ini mengumumkan serangkaian produk dan layanan yang akan meningkatkan pertumbuhan brand dan seller – besar atau kecil – untuk memenangkan pangsa pasar di kawasan tersebut dengan mentransformasi mereka menjadi “Super eBusinesses”.

Penawaran yang dinamakan Super-solutions tersebut bertujuan untuk mengatasi tiga tantangan yang dihadapi brand dan seller yaitu branding, pemasaran, dan penjualan. Fitur-fitur ini, yang akan diluncurkan mulai bulan ini (Maret) bertepatan dengan perayaan Ulang Tahun ke-7 Lazada, ditujukan untuk seluruh brand dan seller, tidak memandang besar kecil usahanya, guna memastikan mereka berada pada posisi yang siap dalam menghadapi persaingan pasar eCommerce di Asia Tenggara yang semakin ketat.

“Tidak ada seller yang terlalu kecil untuk bercita-cita, dan tidak ada brand yang terlalu besar untuk menjadi Super eBusiness. Itulah sebabnya kami sangat senang dapat meluncurkan Super-solutions yang membantu brand dan seller kami menjadi lebih gesit dalam mendigitalkan bisnis mereka dan menjangkau pelanggan dengan lebih baik, “kata Pierre Poignant selaku Chief Executive Officer Lazada Group melalui siaran pers yang diterima eBisnis.id.

“Super-solutions” yang diluncurkan meliputi:

Serangkaian kampanye ‘Super’ di mana brand dan seller LazMall dapat memilih untuk ikut serta dalam meningkatkan citra brand dan meningkatkan engagement dengan pelanggan mereka;

Paket Marketing Solutions dan Business Advisor Dashboard yang baru dan lebih baik dapat memberikan lebih banyak perhatian dan kunjungan ke etalase toko online mereka, dan memperlengkapi brand dan seller dengan informasi seketika (real time) yang membantu mereka membuat keputusan dengan lebih cepat dan lebih baik sehingga mereka dapat menjual dengan lebih efektif dan efisien;

Teknologi terbaru seperti Store Builder memungkinkan brand dan seller membuat etalase yang membuat mereka tampil beda di Lazada, sedangkan untuk in-app live streaming, news feed, dan gim-gim dalam aplikasi dapat membantu memenangkan hati konsumen dengan engagement yang lebih tinggi. (dapat dilihat lebih lanjut dalam lembar fakta)

Di kesempatan yang sama, Lazada juga meresmikan kemitraan kerja sama dengan 12 perusahaan global terkemuka di kategori lifestyle, teknologi dan fesyen yang akan mendorong kolaborasi dan memperkuat kehadiran online retail mereka. Dinamakan Joint Business Partnerships (JBP), kolaborasi ini akan memungkinkan brand memanfaatkan infrastruktur teknologi dan logistik terdepan di industri, serta inovasi, dan keahlian e-commerce yang dimiliki Lazada. Pada hari ini, Lazada juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan berbagai brand dan perusahaan ternama di bidang elektronik Realme dan Coocaa, sementara perjanjian serupa dengan Huawei ditandatangani awal bulan ini. Brand lainnya akan menyusul yang adalah brand besar dari perusahaan FMCG ternama.

Didukung oleh teknologi dan infrastruktur logistik Alibaba, selama setahun terakhir Lazada telah meluncurkan inovasi teknologi terdepan di industri seperti fungsi pencarian gambar, gim-gim yang melibatkan konsumen dan in app live streaming untuk menjadi satu-satunya platform “shoppertainment” di mana pelanggan dapat menonton, berbelanja, dan bermain, tutur Poignant di LazMall Brands Future Forum (BFF). Konferensi tahunan ini mengumpulkan brand dan seller untuk membahas peluang pertumbuhan dan kemajuan teknologi yang akan menciptakan ‘Super eBusinesses’, membentuk masa depan eCommerce Asia Tenggara.

Mempercepat pertumbuhan berbagai brand dan seller Lazada

Super-solutions juga memudahkan brand dan seller untuk membuka toko di LazMall. Seller yang memenuhi syarat sekarang dapat memanfaatkan fitur baru self-sign up yang mudah, proses pendaftaran yang disederhanakan dapat diselesaikan hanya dalam hitungan menit. Hal ini sejalan dengan tujuan Lazada untuk memberikan kesempatan bagi segmen Usaha Kecil Medium Menengah (UKM) sehingga dapat berkompetisi secara global.

“Sejak LazMall diluncurkan pada 2018, kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa pada berbagai mitra brand utama kami. Kami ingin memperluas manfaat LazMall bagi lebih banyak lagi brand dan seller untuk mengangkat usaha eCommerce mereka,” tutur Jing Yin selaku President Lazada Group. “Kami ingin melatih dan mengembangkan mereka sehingga mereka dapat tumbuh bersama kami dan menjadi e-businesses yang sukses dan berkelanjutan.”

Di kawasan ini, 60 persen segmen UKM ingin menginvestasikan teknologi demi mencapai perkembangan yang berkelanjutan dalam era ekonomi digital saat ini. Perlengkapan yang berorientasi bisnis termasuk solusi perdagangan online, Customer Relationship Management (CRM) dan Business Intelligence (BI), teridentifikasi sebagai prioritas investasi tertinggi.

Untuk mempromosikan lebih lanjut keunggulan eCommerce, Lazada menyerahkan penghargaan kepada berbagai brand dengan kinerja terbaik yang telah terbukti menjadi contoh yang sangat baik dalam ‘eBusiness”. Lima penghargaan dipersembahkan kepada brand terkemuka yang terus berinovasi dalam menghadirkan cara-cara baru untuk menjangkau pelanggan mereka di Lazada. Terdiri dari brand global dan Asia Tenggara, peraih penghargaan yakni Unilever (Best Marketing Innovation), Pampers (Best Social Media Activation), Coocaa (Fastest Growing Brand), Philips (Customers’ Choice Award) dan Wardah (Best Product Launch).

Menjadi Penggerak ‘Shoppertainment’ di Asia Tenggara

Menerobos batas eCommerce di Asia Tenggara, Lazada menghadirkan ‘shoppertainment’ untuk memberikan suasana menyenangkan, interaktif, dan pengalaman yang menghibur kepada pelanggan. Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-7, Lazada mempersembahkan konser pertama bernama “Super Party” pada 26 Maret 2019 pukul 20.00 di Jakarta.

Konser “Super Party” menghadirkan artis-artis terkemuka, termasuk bintang pop Inggris Dua Lipa, serta dimeriahkan dengan acara Lazada’s birthday shopping pada 27 Maret 2019. One-day sale menjanjikan pengalaman baru dalam berbelanja secara online termasuk menyediakan pilihan gim-gim terbaru yang menarik, yang dapat ditukarkan dengan voucer dan juga berbagai penawaran menarik bagi para pelanggan di seluruh kawasan ini.

News Feed