AIA Catat Kinerja Kuat di 2018

HONG KONG  – AIA Group Limited (“AIA”; atau “Perusahaan”, kode saham: 1299) mencatat kinerja operasional yang kuat dengan pertumbuhan dua digit di seluruh metrik finansial utama selama dua belas bulan1 yang berakhir 31 Desember 2018, di antaranya pertumbuhan yang sangat kuat untuk nilai bisnis baru (VONB) sebesar 22% dalam kurs tetap, dibanding periode dua belas bulan sebelumnya yang berakhir pada 31 Desember 2017.

Tingkat pertumbuhan dalam kurs tetap adalah sebagai berikut:

Pertumbuhan Sangat Kuat Untuk Nilai Bisnis Baru

• Pertumbuhan VONB sebesar 22% menjadi US$3.955 juta
• Annualised New Premiums (ANP) meningkat 15% menjadi US$6.510 juta
• Margin VONB meningkat 3,7 pps menjadi 60,0%

Hasil Laba Operasional yang Kuat

• Laba operasi setelah pajak (OPAT) meningkat sebesar 13% menjadi US$5.298 juta
• Laba operasional Embedded Value (EV) meningkat sebesar 23% menjadi US$8.278 juta
• EV atas imbal operasional (operating ROEV) meningkat 110 bps menjadi 16,3%

Arus Kas dan Posisi Modal yang Kuat

• Ekuitas EV sebesar US$56,2 miliar; EV sebesar US$54,5 miliar, meningkat US$3,7 miliar
• Underlying free surplus generation sebesar US$4.945 juta, meningkat 13% dalam basis yang dapat
dibandingkan
• Free surplus sebesar US$14,8 milar
• Net remittances sebesar US$2,8 miliar
• Rasio solvabilitas untuk AIA Company Limited (AIA Co.) sebesar 421% dalam HKIO

BACA JUGA:  Tingkatkan Layanan Digital, BRI Syariah Jalin MoU dengan Dewan Masjid

Peningkatan Kuat Dalam Dividen Final yang Direkomendasikan

• Pertumbuhan 14% untuk dividen final menjadi 84,80 sen Hong Kong per lembar saham
• Dividen total (tidak termasuk dividen khusus) meningkat 14% menjadi HK$1,14 per lembar saham
• Dividen khusus sebesar 9,50 sen Hong Kong per lembar saham

Ng Keng Hooi, Group Chief Executive dan Presiden AIA, mengatakan:

“AIA kembali mencatat kinerja kuat dengan pertumbuhan dua digit di seluruh metrik finansial utama kami pada 2018. Nilai bisnis baru meningkat 22% dan mencatat rekor peningkatkan baru sebesar US$3.955 juta. Kami juga mencatat pertumbuhan kuat sebesar 13% untuk laba operasi setelah pajak dan underlying free surplus generation. Kinerja yang kuat ini berhasil dicapai di tengah ketidakpastian ekonomi dan volatilitas pasar keuangan.

“Bisnis kami di Tiongkok mencatat kinerja luar biasa dengan pertumbuhan VONB sebesar 30%. Saya juga merasa gembira dengan disetujuinya rencana kami untuk membuka pusat penjualan dan layanan di Tianjin dan Shijiazhuang, Hebei. Hong Kong juga mencatat kinerja yang sangat kuat dengan pertumbuhan VONB sebesar 24% dan Singapura membukukan pertumbuhan VONB sebesar 18%. Thailand kembali mencatat pertumbuhan dengan VONB sebesar 12% sebagai hasil nyata dari transformasi agen kami.

BACA JUGA:  Tingkatkan Layanan Digital, BRI Syariah Jalin MoU dengan Dewan Masjid

“Jalur distribusi keagenan AIA membukukan pertumbuhan VONB sebesar 26% dan AIA Group saat ini memiliki lebih dari 10.000 anggota Million Dollar Round Table (MDRT). Dalam hal kemitraan, jalur distribusi bank kami mencatat pertumbuhan VONB sebesar 18% dan kami menjalin empat kemitraan strategis baru, di antaranya dengan Bangkok Bank di Thailand dan SK Telecom di Korea.

“Brand promise kami yaitu Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama dan Lebih Baik menegaskan komitmen kami bagi para nasabah untuk menjadi mitra dalam menjalani kehidupan dengan wellness sebagai fokus utama. Keanggotaan program wellness kami telah melampaui 1,2 juta, yang mentransformasi cara berinteraksi serta membantu meningkatkan kesehatan nasabah kami.

“Pencapaian yang kuat ini adalah hasil dari model bisnis kami yang kuat, beragam, dan berkualitas tinggi serta didukung fokus kami yang berkesinambungan dalam menangkap peluang pertumbuhan struktural jangka panjang di seluruh pasar asuransi Asia.

“Jajaran Dewan telah merekomendasikan peningkatan 14% dalam dividen final 2018 dan dividen khusus sebesar 9,50 sen Hong Kong per lembar saham karena adanya perubahan dalam tanggal akhir tahun laporan keuangan. Dividen tersebut mencerminkan kekuatan kinerja keuangan AIA dan keyakinan kami pada proyeksi AIA Group.

BACA JUGA:  Tingkatkan Layanan Digital, BRI Syariah Jalin MoU dengan Dewan Masjid

Skala, kualitas dan luasnya jangkauan bisnis AIA di kawasan Asia Pasifik yang dikombinasikan dengan kekuatan jalur distribusi, brand terpercaya, kekuatan finansial dan kemampuan berinovasi membantu kami untuk memenuhi beragam kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan jangka panjang serta membantu mereka hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik.

“Kami memasuki 2019, yang menandai perayaan 100 Tahun AIA, dengan keyakinan akan proyeksi jangka panjang kami. AIA selalu berkomitmen dalam memberikan proteksi finansial dan mendorong pengembangan ekonomi dan sosial di kawasan Asia Pasifik. Perayaan 100 Tahun kami menegaskan kembali komitmen dan fokus perusahaan dalam memberikan nilai jangka panjang yang berkelanjutan bagi para pemegang saham kami.”

Sementara itu Ben Ng, Presiden Direktur, PT AIA FINANCIAL, mengatakan, “Dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah menjadikan Indonesia pasar penting bagi AIA. Masih rendahnya tingkat penetrasi asuransi di Indonesia merupakan peluang besar bagi bisnis kami untuk terus tumbuh. Kami berkomitmen menghadirkan produk dan layanan yang inovatif bagi nasabah melalui premier agency dan jalur Bancassurance untuk membantu seluas-luasnya masyarakat Indonesia dengan solusi proteksi dan perencanaan keuangan jangka panjang.”

News Feed