Perusahaan Asuransi Papan Atas Tiongkok Berhasil Luncurkan Core System Generasi Baru

China Continent Insurance Co., Ltd. (CCIC) baru-baru ini mengumumkan suksesnya peluncuran Core system generasi terbarunya, dikembangkan dengan menggunakan eBaoCloud® InsureMO® sebagai middleware. Dengan pendapatan premi sebesar US$ 6,2 miliar pada tahun 2018, dan berada pada posisi kelima di Tiongkok, secara global CCIC sepertinya menjadi perusahaan asuransi berskala besar yang pertama kali, dimana seluruh lini usaha asuransinya beroperasi menggunakan core system berbasiskan microservices dan arsitektur cloud native, didukung oleh middleware komersial asuransi yang tersedia.

Core system baru tersebut hanya butuh waktu singkat untuk pengembangan sistem, karena eBaoCloud® InsureMO® sangat tangguh dan kaya akan fitur-fitur yang menyediakan layanan microservices untuk seluruh fitur produk asuransi pada umumnya semenjak penjualan hingga pelayanan nasabah. Keseluruhan antarmuka pengguna internal, alur kerja (workflow), begitu juga dengan platform antar muka aplikasi terbuka (Open API)-nya sangat powerful untuk konektivitas ekosistem asuransi yang sangat masif, dikembangkan menggunakan serangkaian antar muka aplikasi (API) yang sangat komprehensive dari eBaoCloud® InsureMO®. Hal ini merupakan pendekatan yang sepenuhnya baru untuk pengembangan core system asuransi, yang memungkinan inovasi dalam asuransi berlangsung lebih cepat, lebih murah dan dibuat secara khusus tanpa perlu untuk merubah pondasi antar muka aplikasi (API) asuransi.

Setelah tahap produksi selama beberapa bulan, core system baru tersebut telah mendukung bisnis CCIC dengan baik dan menghasilkan manfaat yang sangat penting. Sistem tersebut kini mendukung seluruh lini usaha CCIC dengan lebih dari 200 produk asuransi, dari lini konsumer, UKM, komersial, Otomotif, Perumahan, Kesehatan (A&H), Kargo, Properti perusahaan, Teknik, Pertanian, Pinjaman dan lain-lain. Core system yang baru tersebut mendukung peluncuran produk dan kanal distribusi baru dalam hitungan hari, ketimbang bulanan pada sebelumnya. System tersebut memungkinkan CCIC mengatasi kenaikan volume transaksi secara drastis dan real time dengan basis arsitektur cloud native yang terdistribusi. Arsitektur microservices juga membantu CCIC dalam meluncurkan fitur-fitur baru jauh lebih cepat daripada piranti lunak tradisional karena pada setiap microservices masing-masing saling terpisah dan berdiri sendiri, sehingga dampak silang yang terjadi saat dikembangkan fitur baru sudah bukan lagi masalah.

BACA JUGA:  Telkomsel Kerjasama Samsung dan HCI Hadirkan Bundling Smartphone 4G Harga Terjangkau

Chen Yong, President CCIC, mengatakan, “Kehadiran teknologi mutakhir generasi baru, memiliki dampak besar pada perekonomian global, dan perusahaan asuransi wajib menyesuaikan diri terhadap beberapa perubahan ini. Mengikuti perkembangan waktu, China Continent Insurance telah mengembangkan core system bisnis generasi baru berkelas dunia demi menghadirkan sejumlah peningkatan yang “penuh terobosan” dalam efisiensi bisnis, kapasitas manajemen serta kualitas pelayanan. Ke-depan, perusahaan kelak memanfaatkan teknologi untuk menyediakan sejumlah layanan yang lebih baik bagi para pelanggan, serta menjalankan pengembangan bermutu tinggi di pasar asuransi menuju hasil yang saling menguntungkan bagi para pengguna, perusahaan asuransi, mitra kerja dan industri secara keseluruhan.”

BACA JUGA:  Telkomsel Kerjasama Samsung dan HCI Hadirkan Bundling Smartphone 4G Harga Terjangkau

“Dengan berhasilnya diluncurkan core system berbasiskan cloud native dan microservices di CCIC ini, menunjukkan dua hal penting: pertama, cloud native dan arsitektur microservices kini cukup mapan untuk mendukung seluruh lini bisnis asuransi mulai dari penjualan hingga pelayanan nasabah; kedua, dengan eBaoCloud® InsureMO® sebagai middleware asuransi, berbagai perusahaan asuransi di seluruh dunia kini bisa mengembangkan core system generasi baru yang memenuhi kebutuhannya masing-masing, dan pada saat yang bersamaan tanpa perlu merubah pondasi elemen asuransi yang sudah ada , “kata Woody Mo, President & CEO, eBaoTech Corporation. ” eBaoCloud® InsureMO® dibidik sebagai middleware asuransi serta pusat konektivitas yang menyediakan platform terpadu bagi inovasi yang berlangsung secara seketika oleh para perusahaan asuransi, kanal distribusi, afinitas digital yang baru, serta perusahaan insurtech dan vendor-vendor teknologi lainnya. eBaoCloud® InsureMO® juga bisa dipakai untuk membangun core system dengan fitur lengkap untuk perusahaan asuransi terbesar di dunia dengan seluruh lini produk asuransi.

BACA JUGA:  Telkomsel Kerjasama Samsung dan HCI Hadirkan Bundling Smartphone 4G Harga Terjangkau

Komentar

News Feed